Rabu, 15 April 2015

Donor Darah

PMR WIRA UNIT 245 - Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah untuk kemudian digunakan pada transfusi darah.
Donor darah biasa dilakukan rutin di pusat donor darah lokal. Dan setiap beberapa waktu, ada pula penggalangan donor darah yang diadakan di tempat-tempat keramaian, seperti di pusat perbelanjaan, kantor perusahaan besar, tempat ibadah, serta sekolah dan universitas. Pada acara ini, para calon pendonor dapat menyempatkan datang dan menyumbang tanpa harus mengkhususkan diri mendatangi pusat donor darah. Selain itu, bank darah dapat memiliki mobil donor darah yang digunakan untuk tempat menyumbang.
         
      sebelum kita melakukan donor darah, kita harus memenuhi beberapa syarat sebagai berikut :
1. Umur antara 17 – 60 tahun ( diatas 60 tahun atas pertimbangan dokter )
2. Mempunyai berat badan minimal 45 kg
3. Kadar hemoglobin minimal 12,5g/dl
4. Tekanan darah sistolik 100 – 180 mmHg dan diastolik 50 – 100 mmHg
5. Bagi penyumbang darah wanita: tidak sedang haid, hamil atau menyusui
6. Tidak menderita penyakit jantung, hati, paru, ginjal, kencing manis, pendarahan, kejang, kanker,    atau penyakit kulit kronis

       lalu, untuk apa kita melaksanakan donor darah ?. selain untuk beramal dengan kata lain memberi bantuan kepada orang lain, donor darah juga memiliki manfaat seperti :
1. Menjaga kesehatan jantung
Saat kita rutin mendonorkan darah, maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan resiko penyakit jantung.
2. Meningkatkan produksi sel darah merah
Donor darah akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Jadi ga perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah, karena sumsum tulang belakang akan segera isi ulang sel darah merah yang telah hilang. Hasilnya, kita akan mendapat pasokan baru  setiap kali kita akan mendonorkan darah
3. Membantu penurunan berat tubuh
Menjadi donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori kira – kira 650. Eits … jangan salah bisa membuat pinggang kita ramping loh 
4. Mendapatkan kesehatan psikologis
Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada sahabat kita yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis.
5. Mendeteksi penyakit serius
Tiap kali kita ingin mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah darah kita akan diperiksa terlebih dahulu sehingga kita bisa mengetahui apakah kita memiliki penyakit serius atau tidak seperti HIV, hepatitis, siphilis, malaria. Bagi yang menerima darah, ini adalah informasi penting agar tidak tertular penyakit serius tersebut. Sedangkan untuk si pendonor, ini adalah RAMBU PERINGATAN agar kita lebih mencintai tubuh kita sendiri.

  
         sebenarnya, ada cara lain untuk mendapatkan manfaat donor darah tersebut selain melakukan donor darah itu sendiri, yaitu teknik "BEKAM". kami tidak tau persis bagaimana persyaratan dan prosedur-prosedur yang harus dijalani. tapi secara garis besar, bekam juga mengeluarkan darah melalui titik-titik tertentu dengan cara ditusuk-tusuk atau disiletin, kemudian darah akan dihisap oleh beberapa tabung kecil.
        Bekam memiliki beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan donor darah. jika kalian melakukan bekam, maka titik-titik yang disiletin akan berbekas bahkan tidak jarang lukanya akan terbuka, kslisn jugs tentu dikenakan biaya untuk melakukan bekam, sedangkan donor darah, tidak perlu banyak tusukan, tidak akan berbekas juga biasanya akan diberikan makanan gratis serta  tidak dipungut biaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar