Rabu, 08 Juli 2015

Kenaikan Harga di Bulan Rmadhan

     PMR Wira Unit 245 - Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Selain dengan peningkatan kualitas ibadah, orang-orang juga meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan dengan berpuasa yang memang dapat mengistirahatkan lambung. Tapi di bulan puasa terkadang atau sering bahkan setiap tahun pasti akan terjadi kenaikan terutama pada bahan pokok

Kenapa hal tersebut bisa terjadi ? padahal harga pasar dapat dikontrol oleh pemerintah dengan pemberian subsidi dan berbagai keringanan yang diberikan kepada pedagang, namum harga tetap saja naik lebih dari 2x lipat dari harga normal.

Banyak faktor yang menyebabkan kenaikan harga saat bulan ramadhan.
Kenaikkan harga terjadi apabila persediaan barang sedikit dan permintaan barang meningkat. Kenaikkan juga dapat dipicu distribusi barang terhambat.

Tapi khusus untuk lebaran itu lebih banyak dikarenakan faktor psikologis. Setiap menjelang lebaran masyarakat selalu menyakini harga barang naik. Keyakinan masyarakat harga barang naik menjelang lebaran disambut pedagang dengan menaikkan harga barang. Idealnya bila barang banyak dan distribusi barang lancar tidak menyebabkan kenaikkan harga barang. Keyakinan masyarakat menjelang lebaran yang terjadi cukup lama jadi penyebab utama.

Selain itu ada hukum yang sederhana di ekonomi, yaitu Setiap permintaan barang meningkat, kenaikkan harga barang bisa terjadi.

Itu nggak hanya terjadi saat Ramadhan dan di Indonesia aja, tapi terjadi juga di beberapa hari besar dan di banyak negara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar